SUARA INDONESIA
Banner

Hari Pers Nasional, Ketua DPRD Sumut : Tanpa Pers Dewan Tak Ada Apa-apanya

MEDAN - Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) pada tanggal 9 Februari 2021, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara (provsu), Drs. Baskami Ginting mengatakan Tanpa Pers Dewan tak ada apa-apanya.

Hal itu ia sampaikan kepada suaraindonesia.co.id ketika dijumpai di Ruangannya di Gedung DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol No 5 Medan. Selasa, (9/02/2021).

"Pers adalah garda terdepan dan sumber pemberita kepada masyarakat. Tanpa Pers ini, Dewan tak ada apa-apanya. Karena kami harus komunikasi dengan Pers apa yang kami kerjakan saat ini dan yang harus kami kerjakan ke depannya mereka sampaikan kepada masyarakat," katanya.

Menurut Politisi PDI Perjuangan ini, Wartawan Menentukan Arah Pembangunan Bangsa. Dan kehadiran wartawan menjadi penyeimbang sekaligus kritik kepada pemerintah dalam menjalankan tugasnya. 

"Saya sering bilang kepada anggota dewan yang lainnya, bahwa wartawan itu jangan dimusuhi. Mereka juga menjalankan tugas, dan tugasnya itu sangat berpengaruh bagi bangsa dan negara ini," ujar Baskami

Katanya lagi, di masa pandemi saat ini, wartawan paling terkenal imbasnya. Di satu sisi mereka harus meliput covid-19, di sisi lain mereka harus was-was menjaga dirinya.

"Sejak awal pandemi saya bilang pemerintah harus bantu wartawan. Mereka itu garda terdepan, tanpa mereka masyarakat akan sulit mendapat informasi soal pandemi ini," cetusnya.

Dia juga menghimbau kepada kalangan Pers agar dapat menjalankan tugas yang diemban dengan baik terutama dalam pemberitaan agar Pers tidak jelek di Mata masyarakat.

"Saya berharap Pers atau wartawan ini dalam menjalankan tugasnya bernilai bagus di Mata masyarakat. Kesalahan-kesalahan dalam pemberitaan itu pasti ada namun maksud saya harus sesuaiah menjaga kode etik Pers." harap Baskami Ginting mengakhiri.

Reporter : Sadar Laia


Apa Reaksi Anda?